Inilah Ciri dan Cara Mendeteksi Makanan Berpormalin !!!

Pernah dengar dong bun makanan berformalin , tidak sedikit pedagang yang berlaku curang untuk meraup untung banyak. Formalin ialah bahan kimia yang tidak boleh masuk kedalam tubuh.  Formalin boleh digunakan untuk membunuh kuman,  pengawet kayu,  pengawet mayat, masuknya formalin pada tubuh bisa mengakibatkan akut maupun kronis. 
Kondisi akut tampak dengan gejala alergi, mata berair, mual, muntah, seperti iritasi, kemerahan, rasa terbakar, sakit perut, dan pusing. Kondisi kronis tampak pada jangka panjang dan akan terakumulasi masuk ke dalam tubuh. Gejalanya iritasi parah, mata berair, juga gangguan pencernaan, hati, dan ginjal.
Ciri makanan yang berformalin :
  • Tahu Jika semakin tinggi kandungan formalin, maka tercium bau obat yang menyengat, teksturnya sangat keras dan kenyal, tidak padat, dan tak mudah rusak dalam waktu yang cukup lama.
  • Mie BasahJika dipegang tak lengket, terasa sangat kenyal, tak muah rusak dan tahan untuk jangka waktu yang lama.
  • Ikaninsangnya berwarna merah tua, tak cerah atau pucat tak segar, aroma kha ikan berkurang, dagingnya putih, bersih, kenyal, lalat enggan hinggap dan tak mudah rusak dalam waktu lama.
  • Baksoteksturnya kenyal, mampu bertahan dengan kondisi baik selama 3 hari, apabila dibelah bagian dalam tampak warna mencolok tak wajar.
  • Daging ayamdagingnya bertekstur kencang, tidak mudah rusak dan tidak dihinggapi lalat.

Ciri makanan yang mengandung boraks :
  • Baksolebih kenyal dan apabila digigit cepat kembali seperti semula, taha beberapa hari, warnanya nampak lebih putih, tidak beraroma alami bakso.
  • Gula merah teksturnya sangat keras dan susah sekali dibelah, nampak butiran mengkilap di bagian dalamnya.

Itulah ciri-ciri makanan yang mengandung formalin. Terkadang ciri fisik bisa saja mengelabuhi, tentu saja perlu pemeriksaan lebih lanjut, agar kita tak sampai mengkonsumsi makanan berformalin atau yang mengandung zat berbahaya lainnya.
Cara mendeteksi makanan berformalin atau mengandung boraks dengan tusuk gigi

Caranya: ambil kunyit lalu haluskan. Ambil tusuk gigi dan baluri dengan kunyit tadi lalu diamkan selama tiga puluh menit. Kemudian tusukkan pada makanan diamkan selama beberapa detik lalu dicabut.
Tusuk gigi yang dibaluri kunyit jika tersentuh makanan yang berformalin atau mengandung boraks warnanya akan berubah menjadi merah bata.
Cara memilih makanan yang bebas dari formalin dan boraks
  1. Pilih bahan makanan mentah yang segar dan berwarna cerah
  2. Untuk ikan atau hasil laut, pilihlah yang masih bersisik utuh, beraroma khas ikan, mata ikan masih menonjol.
  3. Untuk daging sapi, pilihlah yang berwarna merah segar bagaikan darah segar.
  4. Untuk daging ayam, pilihlah yang warnanya putih segar, tak ada luka atau kulit yangkebiru-biruan.
  5. Pilih makanan yang tak melalui proses pengawetan
  6. Untuk makanan atau minuman kemasan, sebaiknya pilih warnanya yang tak mencolok atau ngejreng.
Jadi anda harus lebih berhati-hati dalam membeli makanan ya bun,  dan jangan tergiur dengan harga yang murah sebab pasti itu mencurigakan menggunakan cara nakal. Mengingat harga pokok yang terus melonjak naik. Sepertinya tidak mungkin ada orang menjual makanan dengan harga murah.

0 Komentar