Menyingkirkan bibir pecah-pecah ! Penyebab dan pengobatan !

Bibir pecah-pecah atau retak-retak (cheilitis) adalah kondisi yang sangat umum dan kebanyakan orang pernah mengalaminya. Sebagian besar masalah tersebut dapat dicegah dan diatasi dengan langkah-langkah sederhana. Namun dalam kondisi tertentu ketika masalah tidak kunjung hilang/ persisten, Anda mungkin perlu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab

Bibir memiliki lapisan kulit yang tipis dan tidak mengandung kelenjar minyak seperti kulit di bagian lain sehingga lebih rentan terhadap kekeringan dan menjadi pecah-pecah atau retak-retak. Biasanya bibir bagian bawah terkena lebih parah dibandingkan bagian atas. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk cuaca, menjilati bibir berlebihan, dehidrasi/ berpuasa dan beberapa obat.

  • Cuaca: kurangnya kelembaban udara dan paparan sinar matahari, terutama bila juga mengalami dehidrasi atau sedang berpuasa.
  • Menjilati bibir: air liur mengandung asam yang membantu memecah makanan dan dapat mengurangi kelembaban bibir serta mengiritasinya.
  • Obat-obatan/suplemen: vitamin A/obat-obatan retinoid, lithium (untuk pengobatan masalah kejiwaan) dan obat kemoterapi.

Pada kondisi yang jarang, bibir pecah-pecah disebabkan oleh kondisi lain seperti infeksi, gangguan autoimun, alergi dan malnutrisi.



Ada banyak bahan untuk mengobati bibir pecah-pecah:

  • Air


Hal ini penting untuk minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Cobalah untuk memulai hari Anda dengan minum satu atau dua gelas air sebelum makan atau minum apa pun.

  • Kelopak mawar


Obat ini akan membantu bibir Anda tetap lembab dan juga meningkatkan warna indah bibir Anda.

Cara penggunaan: Mencuci segenggam kelopak mawar secara menyeluruh dalam air. Rendam kelopak dalam susu selama beberapa jam. Remas kelopak mawar menjadi pasta tebal. Sekarang, oleskan pasta pada bibir kering Anda dua sampai tiga kali sehari dan setiap malam sebelum tidur.

  • Mentimun


Cara penggunaan: Pertama, menggosok sepotong mentimun  kecil  di bibir kering Anda dengan lembut sehingga cairan timun menempel diatas bibir Anda. Setelah itu, biarkan selama 15 sampai 20 menit dan kemudian cuci bibir Anda dengan air. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk membantu bibir Anda lebih cepat sembuh.

Mentimun akan melembabkan bibir Anda dan membuat mereka lembut.

  • Pengelupasan gula


Gula baik untuk pengelupasan sel-sel mati dari Bibir pecah-pecah Anda. Yang akan membantu untuk memulihkan kelembutan alami mereka lebih cepat.

Persiapan: Pertama, mencampur dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu. Oleskan pasta tersebut ke bibir Anda dan biarkan menempel selama beberapa menit. Gosok dengan jari-jari Anda, secara lembut campuran di sekitar di bibir Anda. Lalu mencucinya dengan air hangat.

0 Komentar